Selasa, 04 April 2017

Makalah Fiil Ruba'i Mujarrad dan Fiil Ruba'i Mazied


FIIL RUBA’I MUJARRAD DAN FIIL RUBA’I MAZIED
Makalah ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Pada Mata Kuliah  Qiroatul Kutub            Semester IV
                                                                          



Di susun Oleh:                                                                                       Nurmah                                                                                                                                                     Nim: 6571010115125                                                                                                                                 Dosen : Hermanto, SS

                                                            JURUSAN TARBIYAH                                                                                   SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH OTISTA                                 TANGERANG SELATAN
                 Jl. Raya Puspitek Serpong Gg. Wijaya Rt. 07/02
                 Serpong-Tangerang Selatan
           2017



FIIL RUBA’I MUJARRAD DAN FIIL RUBA’I MAZIED

A.    PENDAHULUAN
Perlu diketahui, bahwa tasrif menurut lughat (etimologi) berarti mengubah, sedang menurut istilah adalah mengubah bentuk asal kepada bentuk – bentuk lain untuk mencapai arti yang dikehendaki yang hanya bisa tercapai dengan adanya perubahan.
Tasrif mempunyai dua arti, ialah arti menurut lughat (bahasa) dan arti menurut istilah Ulama ahli sharaf. Setiap mengubah sesuatu dari bentuk asalnya, seperti mengubah bentuk rumah atau pakaian dan sebagainya, itu adalah tasrif menurut lughat. Adapun tasrif menurut istilah ialah mengubah dari bentuk asal atau pokok utama kepada bentuk yang lain. Menurut Ulama Kufah, ia;ah fiil madhi.
Yang dimaksud dengan tasrif menurut istilah ialah mengubah dari fiil madhi kepada fiil mudlari’I, isim, masdar, fa’il, isim maf’ul, fiil nahi, isim makan, isim zaman, dan isim alat. Faidah perubahan itu ialah agar mendapatkan arti yang berbeda.
Sedangkan pembagian fiil, fiil itu ada yang tsulatsy (huruf asalnya tiga) dan ruba’I (huruf asalnya empat). Dari kedua macam fiil itu terbagi lagi, ada yang mujarrad (tidak ada tambahan huruf) dan yang mazied (dengan tambahan satu, dua atau tiga huruf). Pada kesempatan ini, saya sebagai pemakalah akan membahas lebih dalam lagi tentang fiil ruba’I mujarrad dan mazied.

B.     FIIL RUBA’I MUJARRAD
Fiil Ruba’I Mujarrad adalah fiil yang huruf asalnya atau fiil madhi terdiri dari empat huruf dan hanya mengikuti satu wazan yaitu   فَعْلَلَ - يُفَعْلِلُyang terbebas dari huruf tambahan.[1]
            Contoh perubahan bentuk fiil Ruba’I Mujarrad yang hanya mengikuti wazan :
            فَعْلَلَ - يُفَعْلِلُ

Text Box: دَهْوَرَ
Text Box: زَلْزَلَ Text Box: بَعْثَرَ

Text Box: وَسْوَسَ Text Box: تَرْجَمَ

Text Box: يُزَلْزِلُText Box: يُدَهْوِرُText Box: يُوَسْوِسُText Box: يُبَعْثِرُText Box: يُتَرْجِمُBentuk fiil mudlari’nya selalu dengan membaca dhammah huruf mudhara’ah nya dan membaca kasrah huruf sebelum akhir.


Adapun Mulhaq Ruba’I Mujarrad adalah fiil yang terdiri dari tiga huruf asal, lalu ditambah satu huruf untuk disamakan dengan Ruba’I Mujarrad . [2]
== Wazan فَوْعَلَ
Contohnya :  حَوْقَلَasalnya   حَقَلَ( dha’if )
== Wazan  فَعْوَلَ
Contohnya :  جَهْوَرَasalnya جَهَرَ ( jelas )
== Wazan  فَيْعَلَ
Contohnya :   بَيْطَرَasalnya  بَطَرَ ( pecah/sulit )
== Wazan  فَعْيَلَ
Contohnya :   عَثْيَرَasalnya     عَثَرَ( jatuh )
== Wazan http://www.cybermq.com/gambarpustaka/BAB5_15.gif   
Contohnya : http://www.cybermq.com/gambarpustaka/BAB5_16.gifasalnya  سَلْقَ( pekerjaan mata – mata )
== Wazan  فَعْلَلَ
Contohnya :  جَلْبَبَasalnya جَلَبَ ( mengambil barang jualan dari satu daerah ke daerah lainnya).
Fi’il Ruba’i Mujarrad terdapat beberapa bentuk, yaitu:
1.      Fi’il Ruba’i Mujarrad berbentuk muta’adi. Contoh:    دَخْرَجَ زَيْدٌ الْحَجَرَ (Zaed mengglindingkan batu)
2.      Fi’il Ruba’i Mujarrad berbentuk lazim. Contoh: دَرْبَجَ زَيْدٌ (Zaed lari ketakutan)
3.      Fi’il Ruba’i Mujarrad berbentuk manhut, yaitu: Fi’il Ruba’i yang dipetik dari susunan dua kata atau lebih dengan cara meringkas untuk menunjukkan hikayah ucapan pada susunan tersebut dan hal ini oleh ahli sorof  dinamakan “manhut”. Contoh: بَسْمَلَ artinya mengucapkan بِسْمِ الله , حَسْبَلَ artinya mengucapkan حَسْبِى اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ.


C.     FIIL RUBA’I MAZIED
Fiil Ruba’I Mazied adalah fiil yang terdiri dari lebih empat huruf dimana empat huruf merupakan huruf asal sedangkan yang lain berupa huruf tambahan.
            Contoh :
1.      Wazan تَفَعْلَلَ         dengan tambahan satu huruf yaitu huruf  ta’, seperti    تَدَخْرَجَ asalnya دَخْرَجَ (mengguling - gulingkan) ; :         تَدَخْرَجَ    (menjadi terguling).

2.      Wazan اِفْعَنْلَلَ   dengan tambahan dua huruf yaitu huruf  hamzah dan nun, seperti;اِحْرَنْجَمَ       asalnya:   حَرْجَمَ (sempit);    اِحْرَنْجَمَ (berdesakan)


3.      Wazan اِفْعَلَلَّ     ditambah hamzah dan takrar lam fi’il yang kedua, seperti lafadz:  اِقْشَعَرَّ      asalnya قَشْعَرَ       (menggigil)

D.    KESIMPULAN
Fiil ruba’I mujarrad ialah fiil yang terdiri dari empat huruf asal yang terbebas dari huruf tambahan dan hanya mengikuti satu wazan yaitu fa’lala. Sedangkan fiil ruba’I mazied ialah fiil yang terdiri dari lebih empat huruf dimana empat huruf itu berupa huruf asal sedangkan huruf lainnya berupa huruf tambahan, dan terdiri dari enam wazan.





DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Moch,kyai Haji. 2013. Ilmu Sharaf. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nikam, Fuad. 2015. Panduan Lengkap Belajar BAHASA ARAB OTODIDAK.
            Jakarta: Khazanah Pustaka Islam




[1] Fuad Nikam, Panduan Lengkap Belajar BAHASA ARAB OTODIDAK, 2015, Jakarta: Khazanah Pustaka Islam, hal.99.
[2] Moch Kyai Haji Anwar, Ilmu sharaf, 2013, Bandung: Sinar Baru Algensindo, hal.9. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar