Sabtu, 01 April 2017

Test

PENYUSUNAN INSTRUMEN AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR
Pengertian Afektif menurut KBBI berkenaan dengan rasa takut atau cinta mempengaruhi keadaan perasaan dan emosi serta mempunyai gaya atau makna yang menunjukan perasaan.
1.      Jenis jenis Afektif
a.       Perilaku
b.      Minat
c.       Motivasi
d.      Nilai
e.       Pilihan
f.       Konsep akademis diri
g.      Tempat pengontrolan
2.      Peringkat ranah afektif
a.       Peringkat receiving
b.      Peringkat respoolina
c.       Peringkat valuing
d.      Peringkat organisasi
e.       Peringkat characterization
3.      Kriteria ranah
a.       Intenstas menyatakan derajat atau kekuatan perasaan
b.      Arah berkaitan dengan orientasi positif atau negatif perasaan
c.       Target mengacu pada objek, ativitas atau ide sebagai arah perasaan
4.      Variasi tipe tipe afektif
a.       Berkenaan dengan perasaan tentang obyek yang berbeda
b.      Variasi dalam arahnya
c.       Variasi dalam intensitasnya
5.      Pilihan metode penilaian
a.       Kertas dan pensil
b.      Essay
c.       Penilaian performa
d.      Peniaian personal komunikasi antar siswa
6.      Pengembangan instrumen
a.       Menentukan spesifikasi instrumen
b.      Menulis instrumen
c.       Menentukan skala instrumen
d.      Menentukan penskoran
e.       Menelaah instrumen
f.       Merakit instrumen
g.      Melakukan uji coba
h.      Menganalisa uji coba
i.        Perbaikan instrumen
j.        Pelaksanaan pengukuran
k.      Menafsirkan hasil pengukuran
  
2.    PENYUSUNAN TES PSIKOMOTOR
Psikomotorik adalah ranah yang berhubungan dengan aktivitas fisik, seperti lari , melompat, melukis, memukul dan lain ain. Adapun urutan langkah tes psikomotorik, menurut EDWARDES ada 3 tahap
a.      Penyajian dari pendidik
b.      Kegiatan praktik peserta didik
c.       Penilaian hasil kerja peserta didik
1.      Bentuk tes psikomotor
a.       tes paper and pencil
b.      tes identifikasi
c.       tes simulasi
d.       tes unjuk kerja
2.       Jenis perangkat penilaian psikomotor ada 2 hal yg perlu dilakukan yakni;
Membuat soal dan membuat perangkat atau instrumen untuk mengamati unjuk kerja Peserta didik.  Ada 2 lembar untuk mengamati lembar observasi dan portofolio
3.       Kontruksi instrumen
4.       Penyusunan Rancangan Penilaian
5.      .Penyusunan tes psikomotor
6.       Tehnik penskoran tes psikomotor



2 komentar: